Gubernur Larang Pengangkatan Tenaga Honorer Baru

Gambar
LAMPUNG - Gubernur Lampung Sjachroedin ZP mengeluarkan surat edaran larangan pengangkatan tenaga honorer/kontrak di lingkungan pemerintah provinsi (pemprov). Kepala Dinas Komunikasi dan Informasi Provinsi Lampung Masri Yahya mengatakan, surat edaran itu merupakan tindak lanjut dari surat edaran menteri dalam negeri (mendagri).

“Surat edaran gubernur tersebut bernomor 800/264/II.09/2013 tertanggal 4 Februari 2013,” ujar Masri, Senin (4/2/2013). Dia menambahkan, surat edaran itu ditujukan untuk seluruh kepala satuan kerja perangkat daerah yang ada di lingkungan pemprov. Menurutnya. ada beberapa poin tentang pelarangan rekrutmen honorer di dalam edaran gubernur tersebut. 

 
“Pertama, gubernur memerintahkan kepada seluruh kepala SKPD untuk tidak mengangkat tenaga honorer/kontrak baru, kecuali telah mendapatkan persetujuan tertulis dari gubernur,” terang Masri. Kedua, tenaga honorer/kontrak yang telah diangkat tanpa persetujuan tertulis dari gubernur agar segera diberhentikan dengan menerbitkan surat keputusan pemberhentian dari kepala SKPD, dan segera melapor ke gubernur yang tembusan disampaikan ke Badan Kepegawaian Daerah (BKD).

“Ketiga, bagi kepala SKPD di lingkungan pemprov yang tidak mengindahkan dan masih mengangkat tenaga honorer/kontrak tanpa persetujuan gubernur, akan diberikan sanksi sesuai peraturan perundang-undangan,” tukas Masri.

 

Terpisah, Kepala Badan Kepegawaian Daerah (BKD) Lampung Sobri mengatakan, surat edaran Mendagri tentang Larangan Pengangkatan Honorer Menjadi CPNS, tidak berlaku bagi tenaga honorer kategori 1 dan 2. “Untuk tenaga honorer kategori 1 dan 2 tetap diusulkan diangkat menjadi CPNS, karena sudah diusulkan ke pemerintah pusat sejak 2005,” jelasnya.

Pasalnya, lanjut Sobri, tenaga honorer kategori 1 sudah ada hasil verifikasi dari Badan Kepegawaian Negara (BKN), Kementerian Pemberdayaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi, dan Badan Pengawasan Keuangan dan Pembangunan (BPKP).

Menurutnya, ketiga instansi pusat itu sudah menyatakan tenaga honorer kategori 1 sudah memenuhi persyaratan untuk diangkat menjadi CPNS. Sementara untuk tenaga honorer kategori 2, juga akan segera diseleksi menjadi CPNS.

“Surat edaran itu ditujukan untuk seluruh kepala satuan kerja perangkat daerah yang ada di lingkungan pemprov. Ada beberapa poin tentang pelarangan rekrutmen honorer di dalam edaran gubernur tersebut,” imbuhnya.

Sumber : http://www.lampungonline.com/2013/02/gubernur-larang-pengangkatan-tenaga.html

About these ads

Tinggalkan komentar

Filed under Uncategorized

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s